PESAN CINTA UNTUK ANAK

Ada naluri dalam diri anak yang selalu mendorongnya untuk banyak bertingkah. Naluri itu jarang tertangkap oleh orang dewasa. Itulah “naluri cinta”. Semua tingkah laku anak adalah “bahasa cinta”. Dari tingkahnya yang banyak itu, anak mengharapkan adanya respons positif dari orang dewasa yang berinteraksi dengannya. Jika anak telah mendapatkan respon yang positif, ia akan merasa kalau orang-orang disekelilingnya menyayangi dirinya.

Sesungguhnya, segala yang dilakukan anak adalah teriakan anak yang sedang berkata: “Cintailah aku, cintailah aku! “. Namun, kalau tidak mendapatkan respons positif dari orang sekelilingnya, bahasa cinta anak itu akan berubah jadi sebaliknya.

Oleh karena itu, ketika sedang berhadapan dengan anak yang banyak tingkah, janganlah tergesa-gesa menyalahkan anak dan menganggapnya sebagai biang keladi keributan atau si pembuat kesal. Lebih baik, bersegeralah untuk menangkap pesan rahasia dari anak itu, yakni pesan cinta. Selanjutnya, proklamasikan di dalam hati: “Aku juga mencintaimu”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *